LAPORAN
PENGEMBANGAN DIRI
DIKLAT FUNGSIONAL PENINGKATAN
KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK
Nama
Guru :
MURNI CAHYATI, S.Pd.SD
NIP :
196607171994052001
Unit
Kerja : SDN Pakuluran
SD NEGERI PAKULURAN
UPT DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KECAMATAN KORONCONG
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PANDEGLANG
2015
IDENTITAS GURU
1.
Nama Sekolah : SD PAKULURAN
2.
Nama Guru : MURNI CAHYATI, S.Pd.SD
3.
NIP :
196607171994052001
4.
Jabatan/Gol :
Penata Tingkat 1 /IIId
5.
Alamat Sekolah
a. Jalan/Kampung : Kp.Pasir Embe
b. Desa : Pakuluran
c. Kecamatan : Koroncong
d. Kabupaten : Pandeglang
e. Provinsi : Banten
f. Telepon/Fax : -
6.
Mengajar Mata
Pelajaran : Guru Kelas
7.
SK Pengangkatan
a. Sebagai CPNS
-Pejabat yang
mengangkat : ………………..
-Nomor SK : ………………..
-Tanggal SK : ………………..
b. Pangkat Terakhir
-Pejabat yang
mengangkat : ………………..
-Nomor SK :
………………..
-Tanggal SK :
………………..
8.
Alamat Rumah
a. Jalan/Kampung : Kp.
Cigadung
b. Desa :
Cigadung
c. Kecamatan : Karangtanjung
d. Kabupaten : Pandeglang
e. Provinsi : Pandeglang
f. Telepon :
………………….
LAPORAN
PENGEMBANGAN DIRI
DIKLAT
FUNGSIONAL PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK
Nama
Guru : MURNI CAHYATI, S.Pd.SD
NIP : 196607171994052001
Disayahkan
Oleh :
Kepala Sekolah
ADE
NURHAYATI, S.Pd. SD
NIP. 196011201979122006
|
Pandeglang, Oktober 2015
Koordinator PKB/
Pengawas TK-SD Kec. Koroncong
H.
E. SAEFUL MILLAH, S.Pd.I
NIP.
196505091976031001
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pentingnya
tugas seorang guru yaitu sebagai tenaga professional yang notabenenya adalah
bertugas mencerdasakan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat pembukaan
undang-undang, maka tugas guru tidak
cukup hanya memeiliki kinerja yang baik saja dan memenuhi kualifikasi akademik
saja tetapi juga harus mampu mengembangkan keprofesionalannya secara dinamis
dan berkala.
Untuk
meninngkatkan profesionalisme tersebut, guru dapat mengikuti berbagai kegiatan
Pengembangan Keprofesaian Berkelanjutan (PKB) melalui tiga komponen, yaitu : 1)
melaksanakan pengembangan diri, 2) melakukan publikasi ilmiah dan 3) mmenemukan
dan menciptakan karya-karya inovatif (Permenag PAN dann RB Nomor 16 tahun 2009 )
Untuk
melaksanakan pengembangan diri dapat dilakukan melalui dua kegiatan yaitu
diklat fungsional dan kegiattan kolektif guru. Dua kegiatan tersebut dapat dilaksanakan di Kelompok Kerja Guru (KKG) di
gugus masing masing-masing.
Manfaat
dari melaksanakan kegiatan pengembangan diri yaitu guru dapat menambah wawasan
pengetahuannya sesaui dengan bidang keprofesiannya. Selain itu tidak kalah
pentingnya juga kegiatan pengembangan diri bukti fisisknya seperti sertifikat
diklat, karya tulis ilmiah, atau laporan KKG dapat dihargai dengan mendapatkan
angka kredit yang dapat diperhitungkan dalam kenaikan pangkat.
B. Tujuan
Berdasarkan
paparan di atas, tujuan mengikuti kegiatan pengembangan diri yang dilakukan
penulis secara garis besar yaitu :
1.
Menambah pengetahuan dan keterampilan penulis
dalam sebagai tenaga pendidiik di sekolah dasar
2.
Pengetahuan dan keterampilan penulis
yang didiapt dapat diimplementasikan untuk meningkatkan dan perbaikan pelayanan
kepada peserta didik.
3.
Mengumpulkan angka kredit yang
disayaratkan untuk kenaikan jabatan/pangkat/golongan setingkat lebih tinggi.
BAB
II
URAIAN
KEGIATAN
PENGEMBANGAN
DIRI (KE-1)
A.
Waktu dan Tempat Penyelenggaraan Diklat
Kegaiatan dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 16
September 2013, bertempat di Hotel Wira Carita, Jln. Raya Labuan Km. 9 Carita, Pandeglang
B.
Lama Waktu Penyelenggaraan Diklat
Lama waktu diklat yang dilaksanakan yaitu
selama 52 jam pelajaran (selama 5 hari)
C.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan pengembangan diri ini yaitu guru dapat
memahami sasaran implementasi kurikulum 2013 dan implemntasinya di sekolah.
D. Penyelenggaraan
Diklat
Kegiatan diklat dilaksanakan oleh Lembaga Penjamin Mutu
Pendidikan (LPMP) Proopinsi Banten.
E.
Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan berbentuk pelatihan guru
sasaran implementasi kurikulum 2013 jenjaang SD se-kabupatenPandeglang,
F.
Uraian Materi Kegiatan
Materi kegiatan terdiri dari :
1. Konsep Kurikulum 2013
-
Rasional
-
Elemen
Perubahan
-
SKL,
KI dan KD
-
Strategi
Implementasi
2. Analisis
Bahan Ajar
-
Konsep
pembelajaran tematik terpadu
-
Konsep
pembelajaran IPA terpadu
-
Konsep
pembelajaran IPS terpadu
-
Konsep
Pendekatan scientific
-
Model
Pembelajaran
-
Konsep
Penilaian autentik pada proses dan hasil belajar
-
Analisis
buku guru dan buku siswa (kesesuaian, cakaupan dan kedalaman materai)
3. Model Rancangan Pembelajaran
-
Penyusunan
RPP
-
Perancangan
penilaian autentik
4. Praktik Pembelajaran Terbimbing
-
Simulasi
pembelajaran
-
Peer
teaching
5. Pendampingan
6. Tes Awal dan Tes akhir
G. Tindak
Lanjut
1.
Yang telah dilakukan
Tindak
lanjut yang telah dilakukan dari kegiatan tersebut antara lain :
-
Penulis
melakukan sosialisasi kurikulum 2013 kepada teman sejawat di sekolah dan
-
Penulis
menginmplemtasikan pembelajaran kurikulum 2013 di kelas.
2.
Yang akan dilakukan
Tindak
lanjut yang akan dilakukan dari kegiatan tersebut antara lain :
-
Penulis
akan mensosialisasikannya kurikulum 2013 lagi melalui kelompok kerja guru (KKG)
-
Membuat
perencanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan menyusun penilaian
autentik untuk satu tahun kedepan di sekolah
H. Dampak
Pengembangan Diri
1.
Terhadap peningkatan kompetensi guru
Dampak terhadap peningkatan kompetnsi guru yaitu :
-
Menambah
pengetahuan penulis dalam memahami dan mendalami konstruksi dan impelentasi
kurikulum 2013
-
Memberikan
pengetahuan tambahan bagi teman sejawat yang mendapatkan sosialisasi kurikulum
2013 di sekolah dari penulis.
2.
Terhadap KBM/Prestasi belajar siswa
Dampak terhadap peningkatan kompetnsi siswa
yaitu
-
Motivasi
dan aktivitas belajar siswa meningkat dengan pendekatan pembelajaran saintifik
-
Prestasi
belajar siswa lebih baik dan meningkat dengan penerapan pendekatan pembelajaran
saintifik dan penilaian autentik kurikulum 2013
PENGEMBANGAN
DIRI (KE-2)
A.
Waktu dan Tempat Penyelenggaraan Diklat
Kegaiatan dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 16
April 2014, bertempat di LPMP Propinsi Banten, Jln. Raya Siliwangi 209,
Rangkasbitung, Lebak, Banten
B.
Lama Waktu Penyelenggaraan Diklat
Lama waktu diklat yang dilaksanakan yaitu
selama 72 jam pelajaran (selama 6 hari)
C.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan pengembangan diri ini yaitu melatih guru
untuk menjadi instruktur kurikulum 2013 bagi guru.
D. Penyelenggaraan
Diklat
Kegiatan diklat dilaksanakan oleh Lembaga Penjamin Mutu
Pendidikan (LPMP) Propinsi Banten.
E.
Jenis Kegiatan
Jenis kegiatan berbentuk pelatihan guru untuk
menjadi instruktur kurikulum 2013 jenjaang SD se-kabupatenPandeglang,
F.
Uraian Materi Kegiatan
Materi kegiatan terdiri dari :
1. Konsep Kurikulum 2013
-
Rasional
dan Elemen perubahan kurikulum 2013
-
SKL,
KI dan KD dan strategi implemetasi Kurikulum 2013
-
Pendekatan
pembelajaran tematik, saintifik dan penilaian autentik kurikulum 2013
2. Analisis
Buku
-
Analisis
buku guru dan buku siswa
3. Perencanaan Pembelajaran dan Penilaian
-
Penerapan
pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu
-
Perancanagan
penilaian autentik dalam pembelajaran tematik terpadu
-
Pelaporan
hasil penilaian pembelajaran
4. Praktik Pembelajaran Terbimbing
-
Analisi
video pembelajaran
-
Penyususnan RPP
-
Peer
teaching
5. Tes Awal dan Tes akhir
-
Tes
awal
-
Tes
akhir
G. Tindak
Lanjut
1.
Yang telah dilakukan
Tindak
lanjut yang telah dilakukan dari kegiatan tersebut antara lain :
-
Penulis
melakukan sosialisasi kurikulum 2013 kepada teman sejawat di sekolah dan
-
Penulis
menginmplemtasikan pembelajaran kurikulum 2013 di kelas.
2.
Yang akan dilakukan
Tindak
lanjut yang akan dilakukan dari kegiatan tersebut antara lain :
-
Penulis
akan mensosialisasikannya kurikulum 2013 lagi melalui kelompok kerja guru (KKG)
-
Membuat
perencanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan menyusun penilaian
autentik untuk satu tahun kedepan di sekolah
H. Dampak
Pengembangan Diri
1.
Terhadap peningkatan kompetensi guru
Dampak terhadap peningkatan kompetnsi guru yaitu :
-
Menambah
pengetahuan penulis dalam memahami dan mendalami konstruksi dan impelentasi
kurikulum 2013
-
Memberikan
pengetahuan tambahan bagi teman sejawat yang mendapatkan sosialisasi kurikulum
2013 di sekolah dari penulis.
2.
Terhadap KBM/Prestasi belajar siswa
Dampak terhadap peningkatan kompetnsi siswa
yaitu
-
Motivasi
dan aktivitas belajar siswa meningkat dengan pendekatan pembelajaran saintifik
-
Prestasi
belajar siswa lebih baik dan meningkat dengan penerapan pendekatan pembelajaran
saintifik dan penilaian autentik kurikulum 2013
PENGEMBANGAN
DIRI (KE- 3 )
A. Waktu dan Tempat Penyelenggaraan Diklat
Kegaiatan
dilaksanakan pada tanggal 17 s/d 19 September 2015, bertempat di Aula KPRI
Koguri Karangtanjung, Jln Raya Serang Km.3 Komp.Cigadung Indah- Pandeglang
B. Lama Waktu Penyelenggaraan Diklat
Lama
waktu diklat yang dilaksanakan yaitu selama 32 jam pelajaran (selama 3 hari)
C. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
pengembangan diri ini yaitu
1.
Peserta dapat memahami implementasi
Permenpan RB No.16 Tahun 2009 tentang jabatan pungsional dan angka kredit
2.
Memahami cara pengisian penilaian angka
kredit (PAK)
3.
Guru mampu membuat karya tulis ilmiah
dan mempublikasikannya
4.
Guru mampu membuat karya inovatif dan
mengimplementasikan di sekolahnya
D. Penyelenggaraan Diklat
Kegiatan
diklat dilaksanakan oleh pengurus PGRI
Kecamatan Koroncong bekerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten
Pandeglang.
E. Jenis Kegiatan
Jenis
kegiatan berupa Workshop Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan narasumber dari Tim penilai kenaikan
pangkat tingkat kabupaten,
F. Uraian Materi Kegiatan
Materi
workshop terdiri dari :
1.
Kebijakan Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kabupaten Pandeglang
2.
Implementasi Permenag RB No.16 Tahun
2009
3.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
dan Penilaian Angka Kredit
4.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Pengembangan Diri
5.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Publikasi Ilmiah
6.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Karya Inovatif
7.
Pre Test dan Pos Test
G. Tindak Lanjut
1. Yang telah dilakukan
Tindak lanjut yang telah dilakukan dari
kegiatan tersebut antara lain :
-
Penulis melakukan sosialisasi kepada
teman sejawat di sekolah dan
-
Penulis menginmplemtasikan hasil
workshop tersebut dalam pembelajaran di kelas.
2. Yang akan dilakukan
Tindak lanjut yang akan dilakukan dari
kegiatan tersebut antara lain :
-
Penulis akan terus mensosialisasikannya
lagi dalam forum kelompok kerja guru (KKG)
-
Penulis akan mencoba membuat karya
inovatif dan karya tulis ilmiah serta mempublikasikannya di sekolah
H. Dampak Pengembangan Diri
1. Terhadap peningkatan kompetensi guru
Dampak terhadap
peningkatan kompetnsi guru yaitu :
-
Menambah pengetahuan dalam urusan
kenaikan pangkat dan angka kredit bagi guru.
-
Penulis merasa terbantu dalam pembuatan
karya tulis ilmiah dan cara mempublikasikannya.
2. Terhadap KBM/Prestasi belajar siswa
Dampak terhadap
peningkatan kompetnsi siswa yaitu Prestasi belajar siswa meningkat dengan
dibantu oleh karya inovatif guru dan tindak lanjut dari hasil penelitian
tindakan kelas yang dilakukan guru
PENGEMBANGAN
DIRI (KE- 4 )
A. Waktu dan Tempat Penyelenggaraan Diklat
Kegaiatan
dilaksanakan pada tanggal 28 s/d 29 Oktober 2015, bertempat di SMKN 2 Pandeglang
B. Lama Waktu Penyelenggaraan Diklat
Lama
waktu diklat yang dilaksanakan yaitu selama 32 jam pelajaran (selama 2 hari)
C. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
pengembangan diri ini yaitu
1.
Peserta dapat memahami dan memliki
keterampilan dalam berbagai jenis seni budaya dan keterampilan di kabupaten
pandeglang
2.
Guru mampu membuat karya tulis seni
yang inovatif
3.
Guru mampu membuat karya seni dan dan mengimplementasikan di sekolahnya
D. Penyelenggaraan Diklat
Kegiatan
diklat dilaksanakan oleh Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang.
E. Jenis Kegiatan
Jenis
kegiatan berupa Pendidikan dan pelatihan Guru Seni Budaya dan Keterampilan se
Kabupaten Pandeglang,
F. Uraian Materi Kegiatan
Materi
workshop terdiri dari :
1.
Seni Tari
2.
Seni Rupa
3.
Seni Lukis
4.
Seni Musik
G. Tindak Lanjut
1. Yang telah dilakukan
Tindak lanjut yang telah dilakukan dari
kegiatan tersebut antara lain :
-
Penulis melakukan sosialisasi kepada
teman sejawat di sekolah
-
Penulis menginmplemtasikan hasil
pelatihan tersebut dalam pembelajaran di kelas.
2. Yang akan dilakukan
Tindak lanjut yang akan dilakukan dari
kegiatan tersebut antara lain :
-
Penulis akan terus mensosialisasikannya
lagi dalam forum kelompok kerja guru (KKG)
-
Penulis akan mencoba membuat karya
inovatif seni budaya dan keterampilan di sekolah
H. Dampak Pengembangan Diri
1. Terhadap peningkatan kompetensi guru
Dampak terhadap
peningkatan kompetnsi guru yaitu :
-
Menambah pengetahuan keterampilan seni
budaya dan keterampilan
-
Penulis merasa terbantu dalam pembuatan
karya seni budaya dan keterampilan.
2. Terhadap KBM/Prestasi belajar siswa
Dampak
terhadap peningkatan kompetnsi siswa yaitu Prestasi belajar siswa meningkat pada
mata pelajaran seni budaya dan keterampilan
BAB
III
PENUTUP
A. Simpulan
Sebagai
guru professional kita harus selalu mencari dan menambah pengetahuan dan
keterampilan. Ciri guru profesional itu adalah guru yang mampu meningkatkan
kinerja dan kariernya, oleh sebab itu
untuk meningkatkan karier dan kinerjanya kita harus dapat mengembangkan
diri melalui berbagai kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) seperti
melalui seminar, diklat fungsional, KKG, pelatihan, workshop, publikasi ilmiah,
membauat karya inovatif, menjadi prasaran dan
lain sebaginya.
Kegiatan
pengembangan diri tersebut dipandang penting bahkan wajib, karena mempunyai
dampak postif terhadap kinerja, karier bahkan kesejahteraan guru. Jadi untuk
itu mulai dari sekarang kita perlu mengikuti berbagai kegiatan PKB baik di
tingkat gugus, kecamatan, kabupaten, profinsi bahkan tingkat nasional.
B. Saran
Saran dari
penulis antara lain :
-
Guru sudah seyogyanya dapat
mengembangkan diri agar kompetensinya lebih meningkat, apalagi bagi guru yang
akan naik tingkat sebaiknya rajin mengikuti kegiatan pengembangan diri
-
Kegiatan pengembangan diri bagi guru
dapat dilaksanakan di KKG dengan kegiatan berupa diklat fungsional, seminar
PTK, membuat alat peraga sederhana dan menyususn laporan kolektif kerja guru
-
Kepala sekolah dan gugus dapat
mempasilitasi guru yang akan melaksanakan kegiatan pengembangan diri baik di
sekolahnya maupun di gugus agar mudah untuk meningkatkan kariernya.
Lampiran 1
MATRIK RINGKASAN KEGIATAN PENGEMBAGAN DIRI
No
|
Nama Diklat
|
Tempat Kegiatan
|
Jumlah Jam Diklat
|
Mata Diklat
|
Nama Penyelenggara
|
Dampak
|
1
|
Pelatihan Instruktur Kurikulum 2013
|
LPMP Propinsi Banten, Jln. Raya Siliwangi 209,
Rangkasbitung, Lebak, Banten
|
72 Jam
|
1. Konsep Kurikulum 2013
-
Rasional
-
Elemen
Perubahan
-
SKL,
KI dan KD
-
Strategi
Implementasi
2. Analisis
Bahan Ajar
-
Konsep
pembelajaran tematik terpadu
-
Konsep
pembelajaran IPA terpadu
-
Konsep
pembelajaran IPS terpadu
-
Konsep
Pendekatan scientific
-
Model
Pembelajaran
-
Konsep
Penilaian autentik pada proses dan hasil belajar
-
Analisis
buku guru dan buku siswa (kesesuaian, cakaupan dan kedalaman materai)
3. Model Rancangan Pembelajaran
-
Penyusunan
RPP
-
Perancangan
penilaian autentik
4. Praktik Pembelajaran Terbimbing
-
Simulasi
pembelajaran
-
Peer
teaching
5. Pendampingan
6. Tes Awal dan Tes akhir
|
LPMP Propinsi Banten
|
1. Menambah pengetahuan penulis dalam memahami
dan mendalami konstruksi dan impelentasi kurikulum 2013
2. Memberikan pengetahuan tambahan bagi teman
sejawat yang mendapatkan sosialisasi kurikulum 2013 di sekolah dari penulis
3. Motivasi dan aktivitas belajar siswa
meningkat dengan pendekatan pembelajaran saintifik
4. Prestasi belajar siswa lebih baik dan
meningkat dengan penerapan pendekatan pembelajaran saintifik dan penilaian
autentik kurikulum 2013
|
2
|
Workshop
Peningkatan Karier dan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
SDN
Karangsetra Kec.Koroncong-Pandeglang
|
82 Jam
|
1.
Permenag PAN No.16 Tahun 2009
2.
Pembelaajaran PAIKEM
3.
Publikasi Ilmiah
4.
Kurikulum 2013
5.
Slide Pembelajaran
6.
Metode Gasing
|
KKG Gugus 1
”Wiyata Mukti” Kecamatan Koroncong
|
1. Penulis
dapat memahami isi dari Permenag PAN No.16 Tahun 2009 dan implikasinya
terhadap kenaikan pangkat penulis
2. Penulis
lebih termotivasi dalam mengembangkan model pembelajaran PAIKEM dan Metode
GASING
3. Siswa
lebih tertarik untuk belajar dengan model pembelajaran PAIKEM
4. Prestasi
belajar siswa lebih meningkat
|
3
|
Workshop
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru dan Kepala Sekolah
|
Aula KPRI
Koguri Karangtanjung, Jln.Raya Serang Km.3 Komp.Cigadung Indah-Pandeglang
|
32 jam
|
1. Kebijakan
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang
2. Implementasi
Permenag RB No.16 Tahun 2009
3. Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan dan Penilaian Angka Kredit
4. Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan Pengembangan Diri
5. Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan Publikasi Ilmiah
6. Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan Karya Inovatif
7. Pre
Test dan Pos Test
|
PGRI
Kecamatan Koroncong
|
1. Menambah
pengetahuan dalam urusan kenaikan pangkat dan angka kredit bagi guru.
2. Penulis
terbantu dalam pembuatan karya tulis ilmiah dan cara mempublikasikannya.
|
4
|
Pendidikan
dan pelatihan Guru Seni budaya dan keterampilan
|
SMKN 2
Pandeglang
|
32 jam
|
1.
Seni tari
2.
Seni Rupa
3.
Seni Lukis
4.
Seni Musik
|
Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang
|
-
Menambah pengetahuan keterampilan
seni budaya dan keterampilan
-
Penulis merasa terbantu dalam
pembuatan karya seni budaya dan keterampilan.
-
Prestasi belajar siswa meningkat pada
mata pelajaran seni budaya dan keterampilan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
ADE
NURHAYATI, S.Pd. SD
NIP. 196011201979122006
|
Koroncong, Oktober 2015
Penyusun Laporan
MURNI CAHYATI, S.Pd.SD
NIP. 196607171994052001
|
Lampiran 2
MATRIK
REKAFITULASI PENGEMBANGAN DIRI
NO
|
Nama Diklat
|
Materi PD
|
Peran Guru
|
Waktu/
Jam PD
|
Nama Fasilitator
|
Tempat Kegiatan
|
Institusi Penyelenggara
|
1
|
Pelatihan instruktur Kurikulum 2013
|
1. Konsep Kurikulum 2013
-
Rasional
-
Elemen
Perubahan
-
SKL,
KI dan KD
-
Strategi
Implementasi
2. Analisis
Bahan Ajar
-
Konsep
pembelajaran tematik terpadu
-
Konsep
pembelajaran IPA terpadu
-
Konsep
pembelajaran IPS terpadu
-
Konsep
Pendekatan scientific
-
Model
Pembelajaran
-
Konsep
Penilaian autentik pada proses dan hasil belajar
-
Analisis
buku guru dan buku siswa (kesesuaian, cakaupan dan kedalaman materai)
3. Model Rancangan Pembelajaran
-
Penyusunan
RPP
-
Perancangan
penilaian autentik
4. Praktik Pembelajaran Terbimbing
-
Simulasi
pembelajaran
-
Peer
teaching
5. Pendampingan
6. Tes Awal dan Tes akhir
|
Peserta
|
72 Jam
|
Widiaswara LPMP Banten
|
LPMP Propinsi Banten, Jln. Raya Siliwangi 209,
Rangkasbitung, Lebak, Banten
|
LPMP Propinsi Banten
|
2
|
Workshop
Peningkatan Karier dan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
1. Permenag
PAN No.16 Tahun 2009
2. PAIKEM
3. Publikasi
Ilmiah
4. Kurikulum
2013
5. Slide Pembelajaran
6. Ke-SD-an
(metode GASING)
|
Peserta
|
82 Jam
|
1. Sukari
Miharja, M.Si
2. Wawan
Sanwani
3. Dede
Arohman, M.Pd
4. Ita
Sutihat, S.Pd
5. Hendang
Widiana, S.Pd
6. Wawan
Wantoro, S.Pd
|
SDN
Karangsetra, Koroncong-Pandeglang
|
KKG Gugus 1
“Wiyata Mukti” Kecamatan Koroncong
|
3
|
Workshop Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru dan Kepala Sekolah
|
1. Kebijakan
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Pandeglang
2. Implementasi
Permen PAN No.16 Tahun 2009
3. PKB dan
Penilaian Angka Kredit
4. PKB
Pengembangan Diri
5. PKB
Publikasi Ilmiah
6. PKB Karya
Inovatif
7. Pre Test
dan Post Test
|
Peserta
|
32 Jam
|
1. Drs.
Nurhasan
2. Wawan
Sanwani, S.Pd
3. H. Saepul
Millah, S.Pd
4. Hj. Nani
Srihernani, M.Pd
5. Drs.
Mujiarso, M.Pd
6. Drs.
Mujiarso, M.Pd
|
KPRI Koguri
Karangtanjung-Pandeglang
|
PGRI Kecamatan Koroncong
|
4
|
Pendidikan dan Pelatihan Guru
Seni Budaya dan Keterampilan
|
1.
Seni tari
2.
Seni Rupa
3.
Seni Lukis
4.
Seni Musik
|
Peserta
|
32 jam
|
Tim Pemateri Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan
Kabupaten Pandeglang
|
SMKN 2 Pandeglang
|
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kabupaten Pandeglang
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
ADE
NURHAYATI, S.Pd. SD
NIP. 196011201979122006
|
Koroncong, Oktober 2015
Penyusun Laporan
MURNI CAHYATI, S.Pd.SD
NIP. 196607171994052001
|
LAMPIRAN :
1. Matrik
Rekafitulasi Kegiatan Pengembangan Diri
2. Surat Tugas
*
3. Sertifikat/Surat
Keterangan *
4. Dokumentasi/Photo
Kegiatan
SERTIFIKAT
PENGEMABANGAN
DIRI
KE 2
Casinos Near Laurel Beach Casino - Mapyro
BalasHapusA map showing casinos and other 천안 출장마사지 gaming 정읍 출장안마 facilities 성남 출장마사지 located near Laurel Beach Casino, 용인 출장샵 located in Laurel Beach Casino, located 대전광역 출장안마 in Laurel Beach Casino,